Sabtu, 28 Mei 2011

bacaan ini sngt sederhana namun mngandung keistimewaan



Akidah erat hubungannya dengan akhlak. Akidah merupakan landasan dan dasar pijakan untuk semua perbuatan. Akhlak adalah segenap perbuatan yang baik dari seorang mukallaf. Baik dengan hubungannya dengan Allah, sesama manusia maupun lingkungan hidupnya. Berbagai amal perbuatan tersebut akan memiliki nilai ibadah dan terkontrol dari berbagai penyimpanan jika di imbangi dengan keimanan ibadah yang kuat. Oleh sebab itu keduanya tidak dapat di pisahkan seperti ahlak antar jiwa dan raga.
Hal ini di pertegas oleh Allah dalam AlQur’an yang mengemukakan yang bahwa orang-orang yang beriman melakukan berbagai amal yang Saleh akan memperoleh imbalan dari sisi Allah dan dimasukkannya kedalam surga Firdaus. Penegasan ini dikemukakan dalam firman nya sebagai berikut : 
                                            


Artinya :sesungguhnya, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan untuk mereka disediakan surga firdaus sebagai tempat tinggal, mereka kekal didalamnya, mereka tidak ingin pindah dari sana.
Ayat diatas memperlihatkan berapa pentingnya akidah akhlak. Dengan keterpaduan keduanya, seseorang memperoleh pahala besar disisi Allah dengan jaminan surga firdaus.
Perhatikan firman Allah berikut ini.



Artinya : Barang siapa yang melakukan kebajikan, baik laki-laki ataupun perempuan dalam keadaan beriman maka dipastikan akan di berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan kami berikan balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (Q.S Annahil 197).
Dalam ayat ini Allah mengungkapkan 2 hal penting bagi ummat islam, yaitu mereka yang beriman dan beramal Saleh akan memperoleh kehidupan yang baik dan imbalan ia yang lebih baik dari apa yang telah ia kerjakan.
Kombinasi yang harmonis antara aqidah dan akhlak merupakan jaminan kebahagian hidup, baik di dunia maupun di akhirat kelak karena keimanan seseorang bisa bertambah atau berkurang.
Akhlak merupakan ekspresi jiwa yang dialami oleh seseorang, dari sini bisa disimpulkan bahwa jika jiwa itu baik, akhlaknya akan baik, begitu juga sebaliknya jika jiwa itu jelek akhlaknya jelek.
Iman tidak terlepas dari akhlak sebagaimana aqidah yang selalu berdampingan dengan akhlak, apabila iman tidak di sertai dengan akhlak, iman seseorang itu akan cepat luntur.
Manusia yang beriman tidak mungkin mempunyai pandangan yang sempit. Ia mempunyai kemampuan yang kuat, kesabaran yang tinggi, dan kepercayaan yang teguh kepada Allah dalam berbagai hal.
¯  Penerapan atau contoh-contoh perbuatan Akhlak sesama muslim:
1.      Saling mencintai sesama muslim tanpa memandang kaya atau miskin
2.      Mengembangkan sikap tenggang rasa.
3.      Tidak semenang – menang kepada orang lain.
4.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
5.      Memelihara persaudaraan dan menyebarkan  salam perdamaian melalui berbagai pertemuan.
6.      Bersikap, bergaul, dan berkomunikasi dengan baik.
7.      Saling memberi sesuatu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari.
8.      Memelihara persatuan dan kebersamaan untuk membina da membangun kekuatan.
9.      Membantu dan memberi pertolongan kepada sesama manusia yang membutuhkan demi tegaknya solidaritas.
10.  Saling menghargai dan menghormati.
¯  Hikmah akhlak sesama muslim
1.      Memperbanyak amal pahala
2.      Terciptanya saling menghargai.
3.      Terwujudnya keamanan dan ketertiban.
4.      menciptakan keamanan dan ketenangan.
5.      di percayai dan mudah meraih cita-cita
6.      Terciptanya kesenangan dan kebahagiaan

3 komentar: